Sunday, September 25, 2011

Nobuo Uematsu - Komposer Fenomenal Final Fantasy

Nobuo Uematsu

Anda tahu video game yang berjudul Final Fantasy? Jika tahu pasti anda tidak asing dengan nama Nobuo Uematsu. Dia adalah komposer untuk musik video game tersebut mulai dari awal serinya hingga yang terbaru dan membuat musik video game tersebut fenomenal. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih dalam siapa sih Nobuo Uematsu itu?
         Nobuo Uematsu lahir pada tanggal 21 Maret 1959. Dia merupakan salah satu komposer video game yang paling terkenal di Jepang, bahkan di dunia. Ia belajar musik secara otodidak, ia memulai bermain piano saat berumur 11 tahun dan Elton John merupakan inspirasinya.
         Dia bergabung di sebuah perusahaan video game Square(yang kemudian menjadi Square Enix) pada tahun 1986 dimana ia bertemu dengan pembuat Final Fantasy, Hironobu Sakaguchi. Setelah bekerja selama 20 tahun di perusahaan tersebut, ia meninggalkan Square Enix pada tahun 2004 dan membuat perusahaannya sendiri yang bernama Smile Please. Ia juga membuat perusahaan music production yang bernama Dog Ear Records.

Kehidupan Awal
         Nobuo Uematsu lahir di Kochi, Prefektur Kochi, Jepang. Dia memulai belajar piano pada usia 11 atau 12 tahun dan tidak mengambil pendidikan formal piano. Setelah lulus dari Universitas Kanagawa, ia bermain keyboard pada beberapa band amatir dan mengomposisikan musik untuk iklan TV. Ketika ia bekerja pada suatu rental musik di Tokyo, seorang karyawan dari Square menawarkan dia untuk bekerja di perusahaannya. Nobuo setuju dan bekerja paruh waktu dan tidak berpikir untuk bekerja penuh.

Karir bersama Square dan The Black Mages
         Musik video game yang dikomposisikan oleh Uematsu untuk Square adalah Genesis pada tahun 1985. Ketika bekerja di Square, ia bertemu dengan Hironobu Sakaguchi yang menawarkannya untuk membuat musik pada beberapa game buatannya dan Uematsu pun setuju. Tahun 1986 sampah 1987 ia membuat beberapa musik untuk video game namun tidak memperoleh sukses. Pada tahun 1987, Uematsu dan Sakaguchi berkolaborasi membuat Final Fantasy yang akhirnya memperoleh sukses besar.
         Di luar video game, ia juga mengomposisikan musik untuk film animasi Ah! My Goddess: The Movie pada tahun 2000 dan sebagai co-komposer untuk anime Final Fantasy Unlimited pada tahun 2001 bersama orchestrator Shiro Hamaguchi. Uematsu mengomposisikan musik untuk video game Final Fantasy, mulai dari Final Fantasy I sampai Final Fantasy XI dan Final Fantasy XIV.
The Black Mages
         Pada tahun 2002, rekan Uematsu dari Square yaitu Kenichiro Fukui dan Tsuyoshi Sekito menawarkan Uematsu untuk bergabung bersama mereka untuk membentuk band rock yang berfokus dalam memperluas komposisi Uematsu. Namun, Uematsu menolak tawaran tersebut karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Akhirnya setelah ia setuju untuk tampil bersama Fukui dan Sekito di sebuah pertunjukan sebagai keyboardist, ia pun memutuskan untuk bergabung bersama mereka dalam sebuah band. Seorang karyawan dari Square yaitu Matushita menamai band tersebut The Black Mages. Pada tahun 2003,  Keiji Kawamori, Arata Hanyuda, dan Michio Okamiya juga bergabung dalam band tersebut. The Black Mages telah merilis 3 studio album dan telah tampil dalam beberapa konser.

Karir Sebagai Freelancer
        Pada tahun 2004, Uematsu keluar dari perusahaan Square Enix karena kantor perusahaan tersebut pindah dari Meguro ke Shinjuku dan ia tidak nyaman dengan lokasi baru kantornya tersebut. Faktanya, dia juga telah mencapai usia dimana ia dapat mengambil alih hidupnya di tangannya sendiri. Ia membentuk perusahaannya sendiri yang bernama Smile Please dan sebuah perusahaan music production Dog Ear Records. Pada tahun 2005, Uematsu dan beberapa personil dari The Black Mages membuat musik untuk sebuah film CGI yaitu Final Fantasy VII Advent Children. Uematsu hanya membuat main theme untuk Final Fantasy XII pada tahun 2006. Sebenarnya ia ditawarkan untuk membuat full score untuk game tersebut tetapi Sakimoto telah ditugaskan sebagai komposer utamanya.
        Uematsu juga bekerja dengan perusahaan buatan Sakaguchi, Mistwalker dan telah mengomposisikan seri Blue Dragon, Lost Odyssey (2007), dan Away Shuffle Dungeon (2008). Ia baru-baru ini juga akan mengomposisikan judul lain dari Mistwalker yaitu The Last Story (2011).
        Dia juga menggubah musik untuk game PSP yang berjudul Anata o Yurusanai pada tahun 2007 dan sebuah game arcade Lord of Vermillion pada 2008. Pada tahun 2009, ia juga menggubah lagu untuk anime Guin Saga yang menjadikannya pertama kali ia menggubah full score untuk film animasi. Ia baru-baru ini bekerja pada perusahaan video game Nintendo DS untuk membuat Sakura Note dan bekerja pada sebuah proyek DS untuk perusahaan Level 5 dan Brownie Brown yang berjudul Fantasy Life.

Konser
        Uematsu menggelar banyak sekali konser di seluruh dunia, mulai dari Asia, Eropa bahkan sampai Amerika. Pada Februari 2010, dikabarkan Uematsu tampil di Anime Boston, salah satu  konvensi anime terbesar di East Coast.

Diskografi
Year                                                           Title                                      Role                                  
1985                                                        Genesis                       Composition/arrangement
1986                                              Cruise Chaser Blassty            Composition/arrangement
                                                                  Alpha                        Composition/arrangement
                                                             King's Knight                  Composition/arrangement
                                                           Suishō no Dragon             Composition/arrangement
1987                                                  3-D WorldRunner             Composition/arrangement
                                                         Apple Town Story C          Composition/arrangement
                                                                  Aliens                        Composition/arrangement
                                                       Cleopatra no Mahou             Composition
                                                               Rad Racer                    Composition/arrangement
                                                                    JJ                             Composition/arrangement
                                Nakayama Miho no Tokimeki High School    Composition/arrangement
                                                            Final Fantasy                    Composition/arrangement
1988                                                    Hanjuku Hero                   Composition/arrangement
                                                           Final Fantasy II                  Composition/arrangement
1989                                              Square's Tom Sawyer             Composition/arrangement
                                                    The Final Fantasy Legend          Composition/arrangement
1990                                                  Final Fantasy III                  Composition/arrangement
                                                     Final Fantasy Legend II            Composition/ arrangement 1991                                                  Final Fantasy IV                  Composition/arrangement
1992                                                  Final Fantasy V                   Composition/arrangement 1993                                                Romancing SaGa 2                Composition/ arrangement 1994                                                  Final Fantasy VI                  Composition/arrangement
1995                                                   Chrono Trigger                   Composition/arrangement 1996                                         Front Mission: Gun Hazard           Composition/arrangement
                                                          DynamiTracer                     Composition/ arrangement 1997                                                 Final Fantasy VII                 Composition/arrangement
1999                                                 Final Fantasy VIII                Composition/arrangement 2000                                                  Final Fantasy IX                  Composition/arrangement 2001                                                   Final Fantasy X                  Composition/arrangement 2002                                                   Final Fantasy XI                 Composition/ arrangement 
2003                                         Final Fantasy Tactics Advance      Composition 
                                                        Hanjuku Hero Tai 3D             Composition/arrangement
2005                             Hanjuku Hero 4: 7-Jin no Hanjuku Hero    Composition
                                                         Egg Monster Hero                Composition
2006                                                 Final Fantasy XII                  Composition (1 song)    
                                                             Blue Dragon                      Composition                 
2007                                                Anata o Yurusanai                  Composition                                                             Lost Odyssey                    Composition
2008                                            Super Smash Bros. Brawl           Composition (1 song)
                                                         Lord of Vermilion                  Composition
                                                          Blue Dragon Plus                  Composition
                                                     Away Shuffle Dungeon               Composition
                                                        Cry On (canceled)                  Composition
2009                                                     Sakura Note                      Composition
                                   SaGa 2 Hihō Densetsu: Goddess of Destiny  Composition     
                                                          Kurulin Fusion                       Musical Director
2010                                             Lord of Vermilion II                  Composition (1 song)    
                                                         Final Fantasy XIV                   Composition                                                                                                 Lord of Arcana                      Composition
2011                                                   The Last Story                      Composition
                                                      UnchainBlades ReXX                Composition (1 song)
                                                         TBA Fantasy Life                    Composition/arrangement
 
                                                        
Sekarang sudah tahu kan siapa Nobuo Uematsu itu?



Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Nobuo_Uematsu 

No comments:

Post a Comment