Wednesday, September 21, 2011

Musik Klasik - Zaman Barok


Antonio Vivaldi
George Frederic Handel
Johann Sebastian Bach
Musik Barok adalah musik klasik barat yang digubah pada Zaman Barok (Baroque), kira-kira antara tahun 1600 dan 1750. Zaman ini berlangsung sesudah Zaman Renaisans dan sebelum Zaman Klasik. Sebenarnya, kata "Barok" itu berarti "mutiara yang tidak berbentuk wajar", sangat pas dengan seni dan perancangan bangunan pada era ini; kemudian kata ini juga dipakai untuk jenis musik itu. Beberapa komponis Zaman Barok adalah Claudio Monteverdi, Henry Purcell, Johann Sebastian Bach, Jean-Philippe Rameau, George Frideric Handel, dan Antonio Vivaldi.
Pada zaman tersebut, piano belum ditemukan, dan komposisi dikarang untuk hapsicord. Partitur musik di zaman Barok ditandai dengan tidak adanya iringan atau polifoni. Karya J.S. Bach untuk hapsicord lazim mempunyai dua melodi atau lebih untuk tangan kanan dan tangan kiri
Musik Barok lazimnya hanya mencerminkan satu jenis emosi saja. Dibanding dengan Musik Klasik dan Romantik, musik Barok jarang mempunyai modulasi atau rubato. Untuk komposisi piano, pedal jarang digunakan saat memainkan musik Barok. Ada beberapa ciri dari musik klasik pada zaman barok:
·            Adanya basso continuo (semacam iringan terus menerus yang dinotasikan dengan sistem notasi yang baru, biasanya untuk instrument sustain bass dan instrument keyboard).
·            Adanya Monody (musik untuk satu suara melodi dengan iringan, merupakan karakteristik awal abad 17 terutama di Italia.

·            Adanya Homophony (musik dengan satu suara melodi dan iringan berirama serupa).
·            Adanya solo vokal.
·            Ekspresi musik yang lebih dramatis.
·            Munculnya drama musik seperti opera dan dramma per musica.
·            ungan instrumen-vokal, seperti Oratorio dan kantata.
·            Munculnya teknik bermusik baru, seperti tremolo dan pizzicato.
·            Melodi yang jelas.
·            Munculnya teknik Notes inégales.
·            Munculnya Aria (penyampaian emosi pada sebuah lagu berdasarkan drama dalam struktur melodi yang kerap digunakan dan dipersembahkan oleh penyanyi).
·            Mulai munculnya concertato style (perbedaan antara suara orkestra dengan instrumen solo atau grup kecil dari instrument).
·            Mulai ada ornamentasi.
·            Munculnya pengembangan dalam tonality Barat modern (mayor dan minor scale).
·            Ada cadenza (bagian virtuoso yang diperpanjang bagi soloist dan biasanya berada dekat akhir pada sebuah pergerakan(movement) dalam sebuah konserto).

Begitulah kira-kira penjelasan singkat tentang zaman barok. Pada artikel berikutnya, saya akan menjelaskan tentang zaman Klasik, dimana lahir seorang komposer terbesar sepanjang masa, yaitu Wolfgang Amadeus Mozart. Semua dari Anda pasti pernah mendengar nama Mozart, dia adalah salah satu komposer terbesar dan paling termasyur sepanjang masa. Oleh karena itu, mari kita bahas zaman klasik.













Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Baroque_music


No comments:

Post a Comment